(Masih) Belajar Less Waste

Wah, produktif kali hari ini posting dua tulisan. Mau cerita-cerita enteng aja kali yah…

Btw,

Pas baca di berita, kalo di Jakarta mau dibuat larangan menggunakan plastik sekali pakai, gue seneeeeeng banget. Akhirnya sudah mulai diberlakukan, karena gue miris ngeliat plastik-plastik sekali pakai yang cuma dipake beberapa menit, sedangkan untuk terurai, butuh waktu 450 tahun. Dan u sterofoam, gak bisa terurai samsek.

Meskipun pas mulai dicanangin program itu, gue sama nyokap lupa gabawa reusable bag, akhirnya pakai kardus dari alfamidi. Meskipun rempong bawa kardus jalan kaki dari alfamidi kerumah yang jaraknya mayan, tapi gue seneng!

Dan kebetulan gue juga sedang berusaha mengurangi penggunaan plastik. Meskipun belum sejago, temen-temen #zerowaste yang canggih, dengan bikin ecobrick, or bikin kompos. Gue baru ditahap mengurangi sampah gue, misalnya gimana tuh?

  • Bawa botol minum, mengurangi pemakaian botol minum sekali pakai
  • Bawa sedotan stainless, mengurangi penggunaan sedotan sekali pakai
  • Bawa reusable bag, mengurangi plastik sekali pakai
  • Menggunakan kembali plastik sekali pakai yang sudah telanjur ada
  • Bawa tempat makan, buat ngurangin sterofoam dan plastik sekali pakai kalo jajan.
  • Melakukan pemilihan sampah domestik

Meskipun baru langkah kecil, semoga bisa membawa perubahan buat bumi. Sebenernya sedih, belum banyak berbuat banyak. Misalnya gue masih pakai pembalut sekali pakai, gue belum bisa bikin kompos dari sampah domestik. Belum bisa maksimalkan mengolah sampah plastik dengan bikin eco-brick atau kerajinan tangan lain gitu. Semoga bisa istiqomah ya dengan less wastenya ini.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.